Pilih Jenius atau Digibank?

Pilih Jenius atau Digibank? hmmm… untuk beberapa orang yang sering melihat iklan digital banking dari jenius atau digibank mungkin akan dibuat bingung untuk memilih produk mana yang lebih baik, apakah itu jenius atau digibank. Kebetulan sekali saya sudah membuka kedua produk tersebut, saya akan coba ceritakan pengalaman saya menggunakan produk tersebut.

Jenius by BTPN

pilih kartu jenius

Saya sudah tau jenius cukup lama, karena produk ini sering sekali diulas di beberapa portal berita startup Indonesia. Saya harus bersabar diri untuk bisa mencoba produk digital banking dari BTPN ini, pasalnya produk ini di release pertama kali di kota Jakarta sedangkan saya berdomisili di kota Bandung. Selang beberapa bulan akhir Jenius mengabarkan bahwa mereka telah siap digunakan di kota Bandung dan saya menemukan tim jenius di salah satu mall di kota Bandung, dengan penuh semangat saya langsung mendaftar agar bisa menggunakan produk perbankan digital dari BTPN ini. Prosesnya terhitung cepat, kurang lebih 15 menit saya sudah bisa menggunakan jenius di ponsel android saya plus saya langsung mendapatkan kartu ATMnya juga. Jenius ini menwarkan berbagai promo menarik setiap harinya dengan nama EveryYay ada juga penawaran gratis tarik tunai di ATM manapun dan transfer ke Bank manapun tanpa dibebankan biaya tambahan, namun tidak sepenuhnya gratis juga sih, tapi kita di beri limit sebanyak 25 transaksi setiap bulannya untuk menikmati penawaran gratis tarik tunai dan kirim uang ke bank lain, saya rasa 25 transaksi per bulan ini dirasa sangat cukup untuk kebutuhan saya pada saat ini.

Jenius dapat pula diandalkan dalam bertransaksi online untuk pembayaran debit dengan logo visa, dan saya sudah mencobanya beberapa kali untuk transaksi online di luar Indonesia, salah satunya adalah transaksi trial anti virus avast yang membutuhkan input debit or credit card dan kartu debit jenius ini dapat diterima sebagai proses pembayarannya. Ada nilai plus jika kita berbelanja online menggunakan kartu debit jenius, soalnya jenius ini sudah menyiapkan electronic card atau disebut e-card yang dikhususkan untuk melakukan transaksi online agar lebih aman, e-card ini tidak ada bentuk fisiknya sehingga akan memperkecil kemungkinan kartu debit kita digunakan oleh orang lain karena orang lain tidak bisa melihat ditail nomor kartu dan juga ccv yang biasaya terletak di belakang kartunya, Untuk mengetahui nomor dan ccvnya kita perlu membuka aplikasi jenius dan masuk ke menu e-card kemudian dibutuhkan verifikasi agar kita tahu datanya, cukup aman bukan? selain itu kita juga bisa mencegah dan belanja kita supaya tidak kebablasan karena kita bisa atur nominal rupiah yang akan kita simpan didalam e-card ini.

Sejauh ini saya menggunakan jenius cukup memuaskan, terlebih banyak sekali fitur yang bisa saya manfaatkan untuk mengelola keuangan saya, dan saya rasa jenius ini sangat sesuai dengan gaya hidup saya.

 

Digibank by DBS

Sama halnya dengan jenius, saya juga harus cukup sabar untuk bisa menggunakan layanan perbankan digital ini, karena produk ini baru masuk ke kota Bandung beberpa bulan yang lalu. Proses pendaftarannya tidak berbeda jauh dengan jenius, cukup depat dan mudah, hanya perlu menyiapkan KTP dan download aplikasi digibank saja, namun ada sedikit yang membedakan pada proses pendaftarannya, karena digibank melakukan verifikasi user yang lebih jauh yaitu mencocokan data e-ktp dan scan sidik jari, dimana setelah kita scan sidik jari pada sebuah mesin akan muncul info yang akan dicocokan dengan e-ktp kita. Tidak seperti jenius, pada pendaftaran digibank ini tidak ada ATM yang akan kita dapatkan langsung setelah proses pendaftaran selesai, karena kartu ATM akan dikirimkan ke alamat rumah setelah proses pendaftaran selesai, proses pengirimannya bisa memakan waktu diatas 3 hari kerja tergantung kotanya juga ya.

Tidak mau kalah dengan jenius dalam urusan promo, digibank juga memberikan segudang keuntungan bagi para penggunanya dengan ajakan “upgrade gaya hidupmu” mulai dari nonton buy 1 get 1, diskon di berbagai merchant yang terlah bekerja sama hingga bersaing dalam urusan bebas tarik tunai dan kirim uang antar bank, ini merupakan kelebihan dari digbank dimana disini kita tidak ada batasan transaksi untuk bisa menikmati fasilitas bebas biaya tarik tunai di ATM manapun ataupun bebas biaya transaksi antar bank, wow cukup menggiurkan bukan?

Pakai jenius atau digibank?

Agak susah juga menjawab pertanyaan ini, karena masing-masing produk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kalau saran saya sih pilih keduanya saja, toh untuk menggunakan produk digital banking ini kita tidak dibebankan biaya apapun ataupun minimal saldo saat pembukaan rekning. Justru dengan kita mempunyai kedua produk ini kita bisa saling menutupi kekurangan dari masing-masing produk dengan beberapa trik yang akan saya beri tahu di postingan selanjutnya.

 

2 tanggapan untuk “Pilih Jenius atau Digibank?

  • Juli 29, 2018 pada 2:51 pm
    Permalink

    Sejauh ini lebih enak pake jenius atau digibank? Lalu ada kendalanya engga? Atau masalah kalo bikin 2 2nya

    Balas
    • Juli 31, 2018 pada 10:04 am
      Permalink

      sejauh yang saya pakai, saya lebih nyaman dengan jenius baik dari segi layanan maupun experience pada apps atau webnya, cukup memudahkan. terlebih jenius memungkinkan 1 akun mempunyai 3 kartu yang berbeda. Kendala saya alami pada produk digibak ketika meminta pengiriman kartu ulang, alamat kantor saya dinyatakan kurang jelas, tapi CS dari digibank cukup responsif saya DM lewat IG aja mereka balas. Tidak masalah bikin 2 2 nya, saya juga punya kedunya kok.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: